MAKAM TUANKU PERLINDUNGANĀ  (KAPEH-KAPEH)

Lihat Hotel/Penginapan Kalender Event
Deskripsi / Description

Situs ini merupakan suatu komplek pemakaman yang terdiri atas 7 buah pusara dengan ukuran besar dengan luas 12 m X 12 m tinggi 2 m. Sedangkan makam Kapeh-Kapeh Tuanku perlindungan berukuran 4 m x 2 m x 2 m, diatas pusara kapeh-kapeh tersebut ada sebuah kolam yang mampu menampung air hujan, yang air di kolomnya tidak pernah penuh dan juga tidak pernah kering meskipun diambil oleh masyarakat, karena itu disebut dengan Karokemo, dan tempat ini sering dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai pelosok negeri di Sumatera Barat pada bulan-bulan tertentu,

Menurut sejarah yang diceritakan secara turun-temurun.Tuanku kapeh-kapeh atau Tuanku Perlindungan adalah kesayangan Syeih Burhanuddin Ulakan Pariaman.

Menurut silsilah Tuanku kapeh-kapeh adalah ayah dari Tuanku Pamansiangan Koto Laweh, ketua Harimau Nan Salapan yang sempat menggegerkan kompeni belanda. Beliau merupakan asalmula keturunan suku koto di Paninjauan dimana berbaur dengan dua suku lainnya yaitu suku pisang dan sikumbang,dan inilah sejarah yang menyebutkan adanya Nagari Tigo Suku di Kenagarian Paninjauan.


Destinasi Wisata Lainnya

@diskominfotd-2022